Caesalpiniaceae



Berhubung menyesuaikan diri dengan nama blog.. maka alangkah indahnya jika pertama kali membahas tentang suku nya blog ini.. yaitu suku caesalpiniaceae. Dan bukan suku padang atau batak.. apalagi ngebahas cina.. hahhh apaan sih din.. lalalala #bremmm bem bemmm…
GUBRAKKKKK!!!!!! 

Caesalpiniaceae adalah suku pada tumbuhan yang anggota2 nya mempunyai bunga yang indah, dan saperti pemilik blog yang manis.. *helehhh… nama dari suku ini merupakan nama untuk suku flamboyant-flamboyanan.. *tapi dini maunya merak2an aja.. daimbil dari salah seorang ahli botani italia yang bernama Dini Caesalpini, *upsss.. ”ANDREA CAESALPINI” yang bener.. yaitu pada tahun 1519-1603.

Caesalpiniaceae ini meliputi 150 marga, dan kurang lebih 22000 species. #banyak bener yak.. Hampir semua marga dari suku ini berupa perdu atau pohon, dan boleh dikatakan tidak ada yang berupa terna dan berakar tunggang. Tumbuhan suku caesalpiniaceae ini sering dijadikan tanaman hiasan karna bunga nya yang cantik itu lo.. bisa juga dijadikan tanaman peneduh. 

Cirri khusus dari suku ini adalah..
a)      Daun umumnya merupakan daun majemuk ganda.
b)      Bunga umumnya tersusun dalam tandan
c)       Buah berupa buah polong.

Dengan ciri UMUM yang beginian :
Caesalpinia berbatang simpodium dengan daun umumnya majemuk menyirip ( majemuk pinnatus), atau menyirip ganda (majemuk bipinnatus), jarang sekali ditemukan tunggal atau beranak daun satu. Bunga nya majemuk tak terbatas (Racemosa), dengan bunga tersusun dalam tandan. Memiliki 5 daun kelopak (sepal) , dengan 5 daun mahkota (petal) yang bebasyang artinya tidak ada yang berlekatan (dapat pula ditemukan jumlah daun mahkota (petal) kurang dari 5). Benang sari (stamen) kurang lebih berjumlah 10, bisanya bebas atau berlekatan, putik (pistillum) dengan satu daun buah (carpel). Buahnya berupa buah polong yang jika masak akan kering kemudian pecah. Buahnya juga dapat berdaging dan tidak membuka, sering kali bersayap. Biji dengan endoperm yang tipis atau tanpa adanya endosperm, lembaga besar.

Caesalpiniaceae ini juga punya sodara loh.. #emang lo aja yg punya sodara.. *plakkkkk!!!!
Nih suku bersodara dengan suku mimosaseae (suku nya para putri yang malu-malu) dan sama sukunya papilionaceae (sukunya para kupu-kupu.. *lahhh bukannya kupu-kupu itu hewan yak).. hahahah :) .. ==Papilionaceae, Mimosaceae, dan Caesalpiniaceae pernah dikelompokkan menjadi satu sub family besar yaitu Leguminosae atau Fabaceae (Engler : 1936)==… dengan berbagai persamaan-persamaan yang ada.. tapi.. karena tak ada makhluk yang tak berbeda.. maka mereka pun dipisahkan dari sodara mereka, dan akhirnya hidup dengan suku tersendiri.. hohohooo… #mengharukan.. >_<”… baik lah.. mungkin lain kali akan dini ceritakan kenapa mereka harus dipisahkan.. semoga tidak menguras air mata.. hehee

Dan berikut ini adalah contoh dari suku caesalpiniaceae yang berhasil tertangkap kamera cctv. #bahhhh….

====================== : ========================
first untuk caesalpiniaceae yang berbunga cantik..

Amherstia nobilis (bunga cekekeran)

Caesalpinia pulcherrima (kembang merak pink. hehe)
next.. caesalpiniaceae yang berbuah polong... (#polong nya keliatan banget) xixixi
Adenanthera pavonina (saga)

Tamarindus indica (Asam jawa)


trusss... yang ini caesalpiniaceae yang berbunga cantik, + peneduh jalan (dan peneduh hati) hehehe
Delonix regia ( Flamboyan) ini bunga nya..

Baucinia pulpurea (bunga Daun kupu-kupu)

and the last... adalah Cassia bersaudara..


Cassia alata (ketepeng)
Cassia siamea (bunga johar)
======================================================================
oK Ok..
Dini rasa contohnya itu dulu...
kurang nya kita cari lagi.. lebihnya moga dipahami..


Semoga Bermanfaat.. :)
by : Sri Dini Chairani..









Komentar

Postingan populer dari blog ini

pembutan TAPE

abt CAESALPINIA PULCHERRIMA