Dimocarpus longan


Sekilas info.. 
kelengkeng (sebutan di kampung kami) adalah buah kesukaan Nomor. satu.. sama juga sama adek perempuan ku yang lucu lucu menggeramkan.. kami sama sama suka lengkeng.. hehe
suka kelengkeng karena memag suka aja.. gak ada alasan khusus.. tapi kalo udah mekan kelengkeng mertua lewat juga gak Nampak.. halahhh..

Pohon kelengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5-20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun. Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4-80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm. Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.

Buah kesukaan ku dengan nama latin Dimocarpus longan ini.. merupakan ordo sapindales dan merupakan family sapindaceae ini lebih dikenal secara umum dengan nama lengkeng, yang memiliki sebutan lain sebagai kelengkeng atau mata-kucing atau longan.

Buah ini bermanfaat sebagai Obat.
Daging buah lengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah mengendurkan syaraf. Oleh sebab itu buah lengkeng memberikan efek penenang dan berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur. 

Selain itu bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras. Buah lengkeng sangat baik dikomsumsi oleh orang-orang yang dalam pemilihan stamina sehabis sakit karena dapat memperkuat limpah, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsuh makan dan menambah tenaga.

Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia. Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah.

 Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam. Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Karena bijinya mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa dalam jumlah banyak, maka juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat shampo pencuci rambut.

Juga dapat digunakan sebagai obat.. misalnya Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety),   Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit, Lemah dan kurang tenaga saat hamil, Hilang nafsu makan, limpah lemah dan diare, luka bakar, dapat juga mengobati jari-jari yang gatal dan bernanah. Semua nya dilakukan dengan cara tersendiri.
OK.. semoga bermanfaat.. J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Caesalpiniaceae

pembutan TAPE

abt CAESALPINIA PULCHERRIMA